Al-Qur'an, Tips

Speaker Murattal

Sumber: Unsplash

Belajar mengakrabkan diri dengan al-Qur’an tak lepas dari peran speaker murattal. Tapi pernah dalam suatu waktu saya galau sekali untuk memilih dan membeli speaker murattal. Banyak banget pertimbangan yang dipikirkan, di antaranya harga, bentuk, juga isi di dalamnya. Speaker murattal zaman sekarang sudah banyak jenis dan macamnya. Ada yang bentuknya kotak, tabung, berlampu warna-warni, hafidz doll, ada remote, isi lengkap dari A-Z, dan sebagainya.

Akhirnya saya berpikir kira-kira apa saja yang saya butuhkan dan harapkan dari speaker murattal ini. Saya mendapatkan beberapa poin, di antaranya:

  • Memiliki qari’ dengan bacaan baik dan benar dari segi makhraj maupun tajwid
  • Qari’ yang ada membaca dengan riwayat Hafsh ‘an ‘Ashim, karena riwayat ini yang biasanya kita gunakan
  • Tidak perlu banyak qari’, karena saya yakin saat memakainya cuma memilih qari’ tertentu yang favorit
  • Jika di dalamnya ada dzikir dan kajian, maka harus sesuai sunnah
  • Mudah digunakan oleh saya dan anak
  • Bisa memilih untuk mendengarkan per ayat saja, per juz, dan per surat sehingga fleksibel untuk mengulang-ulang ayat/bacaan sesuai kebutuhan
  • Bentuknya bukan makhluk hidup, tapi punya tampilan yang menarik
  • Nggak punya screen, jadi cuma untuk satu tujuan saja
  • Mudah dibawa kemana-mana
  • Harga terjangkau

Dari beberapa poin di atas, akhirnya saya malah nggak jadi beli speaker murattal, tetapi membeli MP4 dan speaker bluetooth biasa.

Lho kenapa?

Karena saya merasa dua benda ini yang paling bisa memenuhi kriteria saya. Dengan menggunakan MP4, saya bisa mengisinya dengan beberapa qari’ tertentu saja yang saya inginkan. Bisa juga dengan mudah menambah atau menghapus qari’ sesuai kebutuhan. Sekarang ini banyak website yang menyediakan murattal dari berbagai macam qari’, juga ada pilihan bacaan per ayat, halaman, dan surat secara gratis, seperti di website Every Ayah. Awalnya memang ada usaha untuk download satu per satu, namun karena rasanya terbayar karena sesuai dengan keinginan dan kriteria saya.

Saya beli MP4 random saja di toko elektronik setempat. Setelah membandingkan harga dan fitur, saya memilih MP4 Lenco. Bentuknya standar seperti MP4 biasa, ringan, dan memiliki fitur bluetooth. Saya sengaja memilih fitur bluetooth ini agar MP4 bisa dipakai di segala peralatan, seperti speaker mobil atau headset bluetooth. MP4 ini juga memiliki headphone jack jadi tetap bisa dipakai dengan headset berkabel biasa.

LENCO Xemio-768 Mp4-Player (Blau)
Sumber: Saturn

Untuk speaker, awalnya saya pakai speaker bluetooth yang sudah ada di rumah, yaitu merk JBL Clip 2 jadul yang dulu jadi bonus beli smartphone tahun 2017. Speaker ini kecil, ringan, berbentuk bulat, dan ada clip di atasnya untuk meletakkan di ransel atau gantungan lain. Kabarnya, speaker ini memang ditujukan untuk para pendaki gunung dan kegiatan outdoor lainnya.

Sumber: Amazon

Alhamdulillaah, saya cukup puas dengan dua peralatan ini. Tapi qadarullaah, setelah beberapa bulan speaker JBL ini sudah nggak bisa berfungsi optimal. Bisa jadi karena faktor usia. Akhirnya saya coba riset lagi untuk membeli speaker baru.

Suatu hari saya dapat rekomendasi dari teman tentang speaker murattal berbentuk bulan dengan lampu yang bisa berubah-ubah. Dia membelinya dari Indonesia dan dikirim ke Jerman. Wah, keren banget dan unik bentuknya. Saya iseng mencari di Etsy hanya speaker bluetooth saja tanpa isi murattal, ternyata ada juga yang jual. Akhirnya pilihan saya jatuh pada speaker ini.

Sebenarnya saya membeli bukan di website yang saya cantumkan pada gambar. Saya membelinya di Etsy karena ada yang harganya lebih terjangkau, hehe. Speaker yang saya beli memiliki fitur mirip sekali dengan produk di website tersebut, bedanya adalah variasi warna dan kemampuan untuk mengatur brightness lampu. Oh iya pertimbangan pakai speaker biasa yaitu bisa digunakan untuk lainnya. Misal mau dengar kajian dari handphone dan laptop, atau bisa juga kalau lagi ingin refreshing dengar murattal qari’ lain dari YouTube tapi belum di-download.

Selain murattal, saya mengisi MP4 saya dengan dzikir pagi dan petang sesuai sunnah. Saya memilih bacaan dzikir dari Ustadz Muflih Safitra hafidzahullah yang ada di YouTube karena dzikir beliau diulang sesuai dengan jumlah yang ditetapkan, jadi mudah untuk mengikutinya. Saya download dzikir tersebut dengan online converter dalam format MP3 lalu memasukkannya ke MP4.

Sejauh pengalaman saya, saya sangat puas dengan MP4 dan speaker bluetooth ini. Saya bisa mengisi apapun sesuai dengan keinginan saya dan terjamin shahih. Kalau ada kerusakan salah satu dari peralatan ini, saya masih ada back up file di laptop jadi bisa dengan mudah ganti peralatan tanpa khawatir mencari yang sesuai kriteria lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *