Rumah Tangga, Tips

Sikat Oval, Sikat Kesayangan

Sumber: Unsplash

Bagi saya yang nggak pernah berkecimpung dengan pekerjaan domestik sejak kecil, saat menikah dan dihadapkan dengan banyaknya tugas yang harus diselesaikan, saya merasa sangat kesulitan. Saya nggak pernah tau gimana cara membersihkan dapur bebas minyak, menyikat kamar mandi agar kinclong, menyajikan masakan sehat yang benar, menyetrika agar licin, dan sebagainya. Saya baru belajar semuanya sejak tinggal di Jerman, saat membangun keluarga kecil bersama suami.

Salah satu concern saya dalam pekerjaan domestik adalah membersihkan rumah. Selama empat tahun saya tinggal di Jerman, saya menemukan bahwa rumah beberapa teman Indonesia yang pernah saya kunjungi selalu dalam keadaan bersih dan rapi. Wah, saya sangat penasaran gimana cara teman saya membersihkannya. Tapi saya terlalu malu untuk bertanya, hehe. Jadi saya coba mencari cara sendiri, trial and error dengan berbagai peralatan dan cairan pembersih yang ada di toko.

Hingga suatu hari saya menemukan akun Instagram seorang perempuan Finlandia bernama Auri Kananen yang suka membantu membersihkan rumah orang secara gratis. Di akun tersebut, Auri suka membagikan tips-tips membersihkan rumah secara efektif. Hal yang paling saya highlight dari penjelasannya adalah nggak usah pusing dengan berbagai jenis varian dan merk cairan pembersih. Yang terpenting adalah alat dan teknik yang digunakan.

Dari hasil nonton IG Story dan post Auri ini, saya dapat informasi salah satu alat pembersih yang keren banget, yaitu sikat oval. Haha, saya nggak tahu sih bahasa Indonesianya gimana, kalau dalam bahasa Jerman alat ini disebut Spülbürste oval. Biasanya sikat ini dipakai untuk cuci piring, wajan, panci, juga wastafel. Tapi saya malah pakai sikat ini sebagai sikat pembersih serba guna kecuali untuk cuci piring. Bentuknya seperti sikat WC tapi melengkung di ujungnya dan bagian sikatnya hanya setengah.

Sumber: Müller

Dengan bentuk unik ini, saya dengan mudah menjangkau kotoran di berbagai selipan yang biasanya nggak bisa digosok dengan sikat datar biasa. Contohnya celah keran pada wastafel, benda yang banyak lengkungannya seperti tempat sampah, pojokan shower box beserta karet selipan di kacanya, dan sebagainya. Maa syaa Allah, benar-benar penemuan manusia keren yang pernah ada.

Meskipun sikat oval ini nggak saya gunakan sebagaimana mestinya yaitu untuk cuci piring, yang terpenting adalah esensinya untuk membersihkan rumah. Iya kan? Alat adalah perantara, yang penting tujuannya sama yaitu membuat rumah jadi bersih dan nyaman. Ngeles mode on, hehe. Oh iya alat ini juga sangat terjangkau, bisa ditemukan di berbagai toko. Nggak ada salahnya untuk dicoba, mungkin cocok juga seperti saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *