Nurturing Believers, Printables

Ramadhan Tracker dan 30 Amal Shalih untuk Anak

Sumber: Unsplash

Bismillahirrahmanirrahim.

Untuk menyambut Ramadhan tahun ini, saya membuat printable Ramadhan Tracker dan 30 Amal Shalih untuk anak yang sedang berlatih ibadah di bulan penuh berkah ini. Tracker ini memuat ibadah yang dapat dilakukan anak selama bulan Ramadhan, yaitu puasa, shalat, interaksi dengan Al Quran, dan melakukan amal shalih.

Cara mengisi tracker ini sangat mudah. Pada bagian puasa terdapat tabel durasi puasa. Kolom vertikal adalah tanggal Ramadhan, sedangkan kolom horizontal adalah angka pada jam. Anak dapat mewarnai kotak-kotak yang tersedia sesuai tanggal dan durasi puasa yang telah dilakukan, sehingga terlihat peningkatannya setiap hari. Harapannya agar anak bersyukur kepada Allah terhadap pencapaian yang dilakukan dan bisa menyelipkan dialog keimanan untuk meminta pertolongan Allah untuk menjalankan puasa.

Pada bagian shalat, anak dapat mewarnai bintang tersebut jika ia antusias ikut shalat meskipun satu kali, baik shalat wajib maupun sunnah. Jika ia antusias berinteraksi dengan Al Quran, baik mendengarkan talaqqi/murattal, belajar iqra/Al Quran, menghafal, murajaah, dan sebagainya, maka ia juga dapat mewarnai bintang Al Quran. Amal shalih yang telah dilakukan, berupa apa saja dalam kehidupan sehari-hari, maka anak juga sudah berhak mewarnai bintang amal shalih. Di bagian paling bawah terdapat hadits untuk mengenalkan dalil shahih kepada anak.

Tracker ini dibuat sangat sederhana karena tujuannya untuk membuat anak senang dengan ibadah tersebut, namun tidak dipusingkan dengan target. Apalagi jika usia anak belum 7 tahun hijriyah, maka fokus utama tarbiyah adalah mempesonakan dan merawat keimanan.

Selain tracker, saya menyertakan 30 amal shalih yang dapat dilakukan anak setiap harinya. Orang tua bisa menempelkan lembar ini di dinding sebagai poster atau menggunting tiap kotaknya lalu diambil satu per satu setiap hari. Dari tabel ini diharapkan anak mendapatkan faidah bahwa amal kecil yang terlihat mudah dan sederhana ini juga mendapatkan pahala dari Allah. Untuk menambah antusiasme, orang tua bisa membuat good deeds jar yang berisi kertas, bintang, atau benda-benda kecil lainnya untuk representasi amal shalih yang telah dilakukan.

Silakan diunduh di sini.

Semoga Allah memberikan kemudahan untuk orang tua dalam membersamai anak di bulan Ramadhan. Rabbana taqabbal minna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *