Al-Qur'an, Tips

Aplikasi Keren: Lafzi

Sumber: Unsplash

Saat kajian ilmu dengan asatidz, sering banget saya mendengar dalil-dalil al-Qur’an yang bersinggungan dengan bahasan kajian. Namun karena kurangnya ilmu, saya tidak dapat menemukan ayat mana yang dimaksud, apalagi surat apa dan ayat berapa karena belum hafal. Ditambah kecepatan menulis saya termasuk di bawah rata-rata, saya tertinggal mencatat keterangan ustadz tentang ayat tadi. Yang sempat saya ingat adalah transliterasi ayatnya karena sempat mencatat di buku. Termasuk juga saat tiba-tiba dengar murattal di suatu tempat, eh saat didengar kok bagus ya, tapi nggak tau tadi surat apa. Atau bisa jadi saat review pengerjaan soal di kelas online ilmu syar’i, dalam soal ditulis ayatnya saja tanpa ada keterangan surat dan ayat. Wah ini tentu bikin saya sedih karena tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik.

Ternyata zaman itu berubah dengan cepat ya, termasuk ilmu komputer dan pembuatan software. Maa syaa Allah, saya menemukan aplikasi canggih yang keren banget, free pula dari Computer Science IPB. Saya mendapatkan rekomendasi aplikasi ini saat menuntut ilmu di salah satu kuliah online ilmu syar’i beberapa tahun lalu. Aplikasi ini memudahkan sobat-sobat penuntut ilmu untuk tetap catch up dengan materi kajian sehingga no more galau karena catatan kajian bisa lengkap, maa syaa Allah.

Aplikasinya apa sih namanya?

Yup, tak lain dan tak bukan namanya adalah Lafzi. Berikut keterangan tentang aplikasi Lafzi yang saya kutip langsung dari sumbernya,

Lafzi adalah aplikasi pencari lafaz pada Al-Quran. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pencarian ayat dengan lafaz tertentu pada Al-Quran hanya dengan aksara Latin biasa berdasarkan pelafalan pembicara bahasa Indonesia, tanpa perlu mengetikkannya dalam aksara Arab.

Aplikasi ini adalah hasil dari penelitian skripsi Departemen Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor oleh Muhammad Abrar Istiadi, S.Kom dengan pembimbing Ahmad Ridha, S.Kom MS.

kontributor lafzi, computer science ipb

Di situ tertulis bahwa aplikasi ini bisa mengidentifikasi aksara latin biasa berdasarkan transliterasi bahasa Indonesia. Kurang keren apa coba. Bagi sobat yang masih loading untuk menuliskan huruf Arab seperti saya, tentu ini sangat membantu dan membuat hati bahagia. Alhamdulillaah alladzii bini’matihi tatimmush shalihaat.

Saya sertakan contoh pengunaan Lafzi dalam foto di bawah ini.

Sumber: Lafzi Web

Mantapnya lagi, aplikasi ini bisa mudah diakses baik dari website maupun aplikasi. Aplikasi yang sekarang ini tersedia hanya dalam bentuk desktop dan android. Kita doakan yuk semoga untuk iOS akan ada dalam waktu dekat, aamiin yaa robbal’alamiin.

Maa syaa Allah, allaahumma baarik ‘alaykum untuk seluruh kontributor aplikasi Lafzi ini. Sangat bermanfaat dan semoga menjadi amal jariyah yang tiada terputus hingga hari akhir nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *