DIY, Printables

Kalender Anak

Sumber: Unsplash

Saya sangat terinspirasi dengan kalender kayu ala Montessori yang sangat aplikatif untuk anak. Di dalam kalender tersebut, anak dapat memasang sendiri tanggal, bulan, tahun, bahkan hingga ada fitur cuaca dan musim. Dari kalender ini anak akan belajar tentang konsep waktu, kapan itu “kemarin”, “hari ini”, dan “besok” karena konsep ini sangat abstrak. Anak juga dapat sekalian berlatih mengamati kondisi hari, bagaimana cuaca hari ini, dan konsekuensinya pakaian atau persiapan apa saja yang harus dilakukan jika ingin melakukan aktivitas di luar. Menurut saya, kalender ini sangat bermanfaat untuk media belajar anak, maka tak heran jika harga yang ditawarkan menguras kantong.

Saya mencoba meniru konsep kalender kayu tersebut dan menuangkannya menjadi printable. Alhamdulillah biidznillah kalender ini bisa terselesaikan dengan baik. Seperti kalender kayu sebelumnya, saya memberikan fitur tanggal, bulan, tahun, musim, cuaca, juga nama hari untuk pengenalan konsep kemarin, hari ini, dan besok. Teman-teman bisa dengan mudah print ini di kertas A4 lalu gunting dan laminating semua fiturnya. Mungkin effort yang dikeluarkan ada di gunting dan laminating perintilan kecil-kecil ya, hehe. Untuk kertas A3 saya sendiri belum sempat mencobanya, namun saya rasa bisa meskipun ada kemungkinan gambarnya pecah dan butuh usaha lebih banyak karena gunting-gunting fiturnya juga semakin besar.

Penampakan kalender nanti akan seperti ini.

Untuk menempelkan fitur-fitur yang ada, bisa memakai velcro dots jadi tinggal tempel bagian benang halus di kalender dan bagian kasar di fiturnya. Anak akan mudah memasang dan melepas fitur tersebut sesuai kebutuhan. Saya sendiri memakai velcro dots ukuran 10 mm. Bisa juga memakai magnet namun saya belum pernah mencobanya.

Sumber: Amazon

Oh iya, di kalender ini saya juga menyertakan fitur hari-hari penting jadi sekalian bisa untuk anak belajar mengagendakan suatu hal. Bisa juga untuk anak mempersiapkan suatu kejadian, jadi nggak akan kaget dengan kejadian tiba-tiba karena kita kurang sounding ke anak lalu terjadi hal tak diinginkan seperti tantrum, rewel, dan drama lainnya. Seperti yang kita tahu, anak suka rutinitas dan dia harus tau apa yang dia ekspektasikan dalam menjalani hari-harinya.

Silakan diunduh di sini.

Semoga bermanfaat dan dapat digunakan untuk proses belajar yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *