Doa dan Dzikir, Printables

Dzikir Pagi dan Sore untuk Anak

Sumber: Unsplash

Salah satu pelatihan habit baik untuk anak yaitu membaca dzikir pagi dan sore setiap hari. Dzikir pagi sore ini memiliki banyak keutamaan. Dilansir dari website Bekal Islam oleh Ustadz Firanda Andirja hafidzahullaah, beberapa manfaat dzikir pagi dan sore yaitu menjadikan seseorang tidak sibuk dengan dosa lisan, mengingat Allah sehingga Allah mengingatnya, menenangkan hati dan jiwa, memantapkan aqidah, menguatkan seseorang dan menjadikan sabar menghadapi ujian kehidupan, serta menjadi penjaga bagi seorang muslim. Tak lupa tentu menunaikan salah satu dari 10 hak dalam Islam yaitu hak kepada Rasulullah shallallaahu’alayhi wa sallam dengan mengikuti sunnah beliau.

Kapan kita membaca dzikir pagi dan sore?

Saya mengambil sumber dari website Konsultasi Syariah oleh Ustadz Ahmad Anshori hafidzahullaah, terdapat dua waktu afdhal dan waktu longgar dalam membaca dzikir pagi sore ini yang saya tulis di tabel ini.

DzikirWaktu AfdhalWaktu Longgar
Pagiantara shubuh dan terbit mataharimulai dari setengah malam terakhir sampai sebelum tergelincir matahari ke barat (waktu zawal/dhuhur)
Soreantara ashar hingga maghribsejak zawal sampai akhir pertengahan malam awal

Setelah mengetahui keutamaan dan waktu dzikir ini, anak bisa ikut berlatih membiasakan dzikir pagi sore bersama keluarga. Saya membuat buku dzikir khusus anak ini dengan harapan agar anak lebih semangat membangun kebiasaan baik bersama karena isinya menarik. Sumber referensi saya dalam pembuatan dzikir ini adalah pada website Almanhaj oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzahullaah. In syaa Allah sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallaahu’alayhi wa sallam.

Buku dzikir ini bisa di-print lalu dijilid biasa, atau bisa juga dengan melaminasi satu per satu agar awet. Tips dari saya yaitu dengan laminasi dua halaman bolak-balik sekaligus sehingga buku dzikir ini awet dan juga hemat plastik laminasi. Setelah itu bisa dilubangi dan diberikan ring agar tidak terpisah satu sama lain.

Silakan bisa diunduh di link berikut:
Dzikir Pagi Sesuai Sunnah
Dzikir Sore Sesuai Sunnah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *