Al-Qur'an, Printables, Tips

Murajaah Tracker Juz 30

Sumber: Unsplash

Kali ini saya membuat tracker untuk murajaah surat-surat al-Qur’an yang telah dihafal. Menghafal al-Qur’an adalah proyek seumur hidup, karena tujuan kita adalah mutqin. Seorang muslim disyariatkan untuk selalu menjaga dan memelihara hafalannya agar tidak hilang dari ingatannya.

Rasulullah shallallaahu’alayhi wa sallam bersabda,

تَعَاهَدُوا هَذَا الْقُرْآنَ فَوَلَّذِي نَفْسِ بِيَدِهِ إِنَّهُ  َلأَشَدُّ تَفَلُّتًا مِنَ الإِبِلِ فِي عُقُلِهَ

Jagalah Al-Quran ini, demi zat yang jiwaku berada dalam tangan-Nya. Sesungguhnya dia lebih gampang terlepas daripada unta yang dilihat.”

Hr. bukhari dan muslim

Mudah-mudahan dengan tracker ini membantu teman-teman untuk murajaah rutin hafalan, juga bisa digunakan untuk proses belajar anak yang menyenangkan di rumah. Cara penggunaannya yaitu dengan menempelkan dot sticker, centang, atau stempel pada lingkaran yang telah disediakan. Jadi dari tanda tersebut kita bisa melihat berapa banyak surat yang bisa dimurajaah dalam satu hari. Lalu kita juga bisa melihat ternyata dalam satu minggu kita sudah mengulang surat tertentu berapa kali.

Penggunaannya untuk anak, bisa dikombinasikan dengan permainan yaitu membuat kocokan daftar surat. Misalnya list nama-nama surat lalu print, gunting, dan lipat sehingga seperti undian. Anak bisa mengambil satu kertas berisi nama surat, lalu membacanya, dan terakhir memberikan tanda pada tracker untuk surat yang telah dimurajaah. Atau bisa dengan cara lain yang menarik bagi anak agar anak tidak merasa terbebani. Murajaah pun menjadi kegiatan yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu.

Untuk file tracker bisa diunduh di sini, sedangkan contoh list nama surat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *