DIY, Printables, Tips

Ramadhan Bunting Flag

Sumber: Unsplash

Bismillahirrahmanirrahim.

Salah satu ide dekorasi rumah yang bisa dikerjakan bersama anak saat Ramadhan adalah membuat bunting flag. Dekorasi ini sederhana, hanya membutuhkan kertas untuk print, gunting, selotip, dan tali. Anak bisa diajak untuk menggunting bunting flag sekaligus melatih motorik halus jari-jari. Selain itu anak dapat memasangnya sendiri di tembok dengan selotip.

Saya mendapatkan Ramadhan Bunting Flag ini dari Mbak Herlina, salah satu teman baik yang kenal online dan juga ilustrator buku anak. Insyaallah printable ini boleh disebarluaskan dan telah mendapatkan izin dari Mbak Herlina.

Silakan, bisa diunduh di sini.

Oh iya, ada satu tips yang pernah saya dapatkan untuk anak yang masih kesulitan memegang gunting. Pilih gunting dengan pegangan yang besarnya berbeda seperti gambar di bawah ini.

Sumber: Blibli

Gunting jenis ini lebih ergonomis. Pegangan gunting untuk empat jari lebih panjang sehingga jari-jari anak bisa masuk dengan mudah. Ujung gunting yang tumpul membuat proses menggunting lebih aman. Pisau gunting terbuat dari logam jadi anak tidak frustasi dalam menggunting, daripada yang terbuat dari plastik. Anak menjadi lebih percaya diri karena merasa berhasil menggunting kertas sendiri tanpa bantuan.

Tali yang digunakan untuk memasang bunting flag adalah tali rami. Ia lebih kaku namun masih mudah dibentuk sehingga tidak mudah letoy jika diberikan beban.

Sumber: Box Are Us

Flag yang telah digunting dapat ditempel dengan selotip. Kami tidak memakai lem agar lebih praktis dan tujuan juga sudah tercapai dengan selotip. Kami juga memakai selotip untuk memasang bunting flag ke tembok. Tips dari salah satu teman, orang tua bisa memakai selotip kertas untuk menempelkan tali ke tembok agar tidak melukai cat tembok.

Semoga aktivitas sederhana ini dapat menambah semangat anak menyambut Ramadhan dengan ceria dan penuh makna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *