Printables

Sikat Gigi Yuk!

Sumber: Unsplash

Ini adalah tracker yang saya buat untuk A1 saat ia berumur sekitar satu tahun lebih karena drama sikat gigi seperti yang pernah saya ceritakan di post sebelumnya. Tracker ini bagi saya sangat membantu untuk mengumpulkan poin kekonsistenan anak untuk melakukan habit baru. Anak perlu dibantu untuk konsisten, terutama untuk kebiasaan yang menurut anak sulit atau tidak menyenangkan, dengan memberikan motivasi dari dalam dirinya. Namun anak usia dini adalah makhluk konkret, jadi bisa diberikan alat yang nyata untuk apresiasi usahanya. Salah satunya adalah tracker ini.

Tracker ini saya buat sederhana, yaitu hanya dua kali sikat gigi yaitu siang dan malam hari untuk membangun kebiasaan sikat gigi minimal dua kali sehari saja. Jika dalam keluarga ada kebijakan sikat gigi setelah makan makanan manis, misalnya, mungkin bisa diadaptasi kembali dari tracker ini.

Cara memakainya bisa dengan tempel dot sticker di kotak yang ada, sehingga satu kotak diharapkan terisi dua stiker penanda telah gosok gigi dua kali dalam sehari. Atau bisa juga pakai stempel dan centang, tergantung mana yang nyaman dalam anak dan keluarga.

Silakan, bisa diunduh di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *